Bakti Kita Untuk Jakarta

Bakti Kita Untuk Jakarta


Musim hujan sudah tiba. Kemarau panjang yang menyelimuti Jakarta hampir satu tahun ini, seolah terlupakan begitu saja. Pohon-pohon mulai menghijau, rerumputan mulai memenuhi dimana tanah lapang berada, dan parit-paritpun sudah mulai teraliri air kiriman maupun dari hujan di atasnya. Demi menjawab itu semua "Bakti Kita Untuk Jakarta" dilaksanakan sebagai jawaban untuk pekerjaan rumah lima tahunan yang tak peduli siapa pemimpinnya.

Apa Itu "Bakti Kita Untuk Jakarta"?

"Bakti Kita Untuk Jakarta" merupakan kegiatan kerja bersama seluruh perangkat dan elemen masyarakat Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, demi mencegah banjir yang biasanya turut menyertai musim penghujan yang hadir di Ibu Kota. Kegiatan ini berlangsung Ahad lalu, tepatnya 19 November 2023, serentak di seluruh wilayah kota Jakarta.

Apa Target dari "Bakti Kita Untuk Jakarta"?

Sasaran utama kegiatan ini adalah saluran air baik besar maupun kecil, berupa selokan ataupun sungai yang mengaliri wilayah Jakarta. Pasalnya, kesadaran warga yang masih minim terkadang berdampak pada penyalahgunaan saluran air menjadi tempat pembuangan akhir. Sehingga, masih banyak dijumpai tumpukan sampah yang menghalangi aliran air di setiap sodetan.

Tanpa mengurangi apresiasi pemerintah terhadap rekan-rekan PPSU (Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan Dinas Sumber Daya Air yang sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, "Bakti Kita Untuk Jakarta" lebih berfungsi kepada usaha membangun kesadaran bersama, antara masyarakat dan ASN, serta PJLP seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, dalam pencegahan banjir di lingkungan rumah, ataupun tempat kerja.

"Harapan saya, warga juga turut serta dalam membersihkan Jakarta dari segala bentuk sampah," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jalan RM Djojohadikusumo, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023)

Selain itu PJ Gubernur Jakarta juga menegaskan bahwa, "Bakti kita untuk Jakarta adalah bersih-bersih saluran air, kali, gorong-gorong yang mampat kita bersihkan serta saluran penghubung (PHB)."

Semoga upaya ini tidak hanya euforia semata,  namun juga berdampak pada ketenangan Warga Jakarta sepanjang musim penghujan ini. Karena kerja keras pemerintah, tentu semata-mata demi kebahagiaan warganya.

Bersih Kotanya, Bahagia Warganya

Jakarta, 22 November 2023
Raffli
LihatTutupKomentar