Universitas Online Sibermu

        Dua puluh tahun sejak pertama kali merasakan masuk kuliah. Mulai ospeknya yang aneh, nyiapin waktu yang harus saklek karena dosen yang ready di kelas. Ngadepin senior yang selalu petantang-petenteng karena "si paling harus dihormatin". Tapi itu cerita dulu, sebelum ada Universitas Online Sibermu.

        Agak asing dengernya ya?

        Ya, di sinilah saya berkuliah sekarang. Universitas Siber Muhammadiyah, atau disingkat Sibermu.

Universitas Online Sibermu

        Sibermu sebenarnya bukan satu-satunya kampus online di Indonesia. Apalagi pemerintah juga punya UT (Universitas Terbuka) yang sudah ada sejak 1984. Namun, perkembangan teknologi digital khususnya internet 10 tahun terakhir, ditambah wabah covid-19 beberapa tahun lalu, membuat perkembangan pendidikan jarak jauh (pjj) semakin masif. Sebut saja, Universitas Siber Asia dan IOU (Islamic Online University) yang full online seperti Sibermu, atau Universitas Binus, Mercubuana, Unas yang sudah menerapkan blended learning.

        Awalnya memang agak ragu untuk mencoba. Karena pengalaman saya beberapa tahun lalu mencoba berkuliah di UT yang akhirnya membuat saya menyerah.

        Ini murni pengalaman saya di tahun itu, sekitar 2014. Tentu teknologi tidak semudah saat ini. Walhasil, sangat kurang informatif. Untuk ukuran saya yang masih "bangun wajib pakai waker", tentu menjadi kendala tersendiri karena tidak adanya media dua arah untuk diingatkan mengenai pembelajaran. Entah dari pihak kampus, atau sesama mahasiswa. Semua hanya tersedia di website resmi dan forum saja. Jadi kalau terlupa akan adanya ujian, yah maklum saja.

        Kuliah bersama tutorpun wajib hadir ke lokasi pjj di kota-kota yang sudah disediakan gedungnya. Hanya saja, agak sulit buat saya pribadi yang saat itu masih bekerja di luar kota, dan hanya sesekali kembali ke Jakarta. Oya satu lagi, nomor kontak yang disediakanpun seperti tidak tertangani dengan baik. Entah sibuk atau memang SDM yang ada sudah tidak peduli melayani telpon masuk, saat itu.

        Namun, saya berusaha menepis semua pengalaman mengecewakan itu. Husnudzon bahwa kondisi saat ini sudah berbeda, dan sebagai manusia yang berpikir, tentu meningkatkan kapasitas diri menjadi poin utama untuk menjadi alasan kuliah lagi. Ternyata, di tengah pencarian saya mengenai kuliah online, kena lah saya sebagai sasaran iklan dari kampus-kampus online, yang salah satunya Sibermu ini di media sosial.

        Tagline Universitas Siber Muhammadiyah yang full online ini yang benar-benar membuat saya tertarik. "Masa sih?" Pikir saya saat itu.

        Pasalnya, di kampus saya sebelumya yang mengaku full online saja, masih ada kewajiban hadir. Belum lagi kampus blended learning yang lebih dulu ramai. Tapi setelah saya telusuri di sibermu.ac.id ternyata valid. Lanjut klik iklan sosmednya yang langsung ke messenger facebook, alhamdulillah dijawab dengan ramah. Tidak lama di follow up oleh nomor whatsapp customer service, dan sangat informatif sekali.

        Sebagai orang yang juga bergerak di digital marketing, customer journey jadi penilaian tersendiri buat saya. Sampai sini Sibermu sudah merebut 30% hati saya untuk memilih.

        Hampir satu bulan tidak langsung saya transfer biaya kuliah yang disyaratkan. Saya masih mencari second opinion dari kampus virtual ini. Mulai dari akreditasi sibermu, biaya tambahan lain, kewajiban hadir, dan lain sebagainya. Hingga keputusan saya sudah bulat, dengan detail alasan yang akan saya jelaskan di bawah ya.

Sejarah Sibermu

        "Kok baru kedengeran ya?"

        Sibermu sebenarnya sudah dideklarasikan di tahun 2019 saat HUT Mummadiyah yang ke-107 dengan nama Muhammadiyah Online University, Lalu berubah menjadi Muhammadiyah Open University pada 18 Maret 2021 dan berubah lagi menjadi Universitas Siber Muhammadiyah hingga sekarang pada 19 April 2021 saat terbit ijin prinsip dengan Nomor 0269/E.EI/KB.01.00/2021.

        Izin operasional oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia juga sudah terbit dengan Nomor 430/E/O/2021 pada 29 September 2021.

Lokasi Sibermu

        Untuk gedung kampus, anda pasti kesulitan mendapatkannya. Maklum saja, namaya juga kampus online, virtual, dengan konsep kuliah yang full online. Tapi anda bisa mengunjungi kantor pusat Sibermu di Yogyakarta tepatnya di Jalan Hos Cokroaminoto No. 17, Pakuncen. Atau kalau mau belajar bareng, bisa ke UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) yang berada di Kuningan (Jalan R.A. Moertasiah Soepomo No. 28B) dan Kendari (Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Kota Kendari).

Fakultas dan Jurusan

        Universitas Siber Muhammadiyah ini memiliki 2 fakultas dan 6 jurusan. Cukup banyak untuk ukuran kampus yang baru berdiri ya.

        Yang pertama Fakultas Teknologi dan Ilmu Kesehatan, dengan program studi:
  1. Informatika
  2. Sistem Informasi
  3. Administrasi Kesehatan
        Lalu berikutnya ada Fakultas Bisnis dan Humaniora, dengan program studi:
  1. Hukum
  2. Akuntansi
  3. Manajemen
        Gambarannya bisa cek di sini

Akreditasi Sibermu

        "Untuk akreditasi masih dalam proses persiapan karena terkait prasyarat dan waktu pengajuannya yang tidak setiap saat." Ini pernyataan dari pihak kampus saat kuliah umum. Dan target persiapan ini untuk akreditasi Baik yang juga diinfokan saat sesi tanya jawab.

Biaya Kuliah Sibermu

        Untuk biaya memang relatif soal mahal murahnya ya. Tapi pendapat saya pribadi, ini cukup terjangkau.

        Untuk program yang saya ikuti adalah penuh waktu atau full time, dengan biaya sekitar 300 ribuan saja perbulannya. Tidak jauh berbeda untuk paruh waktu, yang dibandrol sekitar 170 ribuan perbulan.

        Untuk biaya masuk dibuat terpisah, yakni sebesar 500 ribu rupiah. Dan hanya dibayarkan sekali saja selama perkuliahan. Dan pengalaman saya sampai saat ini, alhamdulillah tidak ada biaya tambahan lainnya lho.

Biaya Kuliah Sibermu

Teknis Perkuliahan

        Nah, di sini serunya!!!

        Kuliah di kampus online ini benar-benar full online. Sejak awal kuliah perdana hingga pertemuan dengan dosen, sifatnya daring alias online. Hanya ada tatap maya melalui zoom atau google meet saja. Komunikasi lain lewat aplikasi discord, untuk yang satu ini sepertinya hanya untuk jurusan informatika dan sistem informasi. Untuk yang umum digunakan biasanya lewat grup whatsapp. Jadi harap maklum kalau sesudah resmi terdaftar sebagai mahasiswa sibermu, anda ditambahkan ke sekitar 6 grup whatsapp. Mulai dari grup angkatan, jurusam, hingga per mata kuliah. Tapi, sebagai pembanding pengalaman saya kuliah online sebelumnya, Insyaa Allah hal ini akan sangat-sangat membantu kedepannya.

        Untuk materi nantinya akan diberikan akses ke halaman LMS (Learning Management System). Dimana kita bisa mendapatkan modul pembelajaran berupa dokumen, audio, maupun video. Di situ juga disiapkan sistem presensi atau kehadiran yang bisa diakses setiap saat, dan tampilannya cukup menarik kok, jadi tidak bosan saat menjalaninya. 

Apa Perbedaan Penuh dan Paruh Waktu?

        Penuh waktu, berarti mahasiswa bisa mengambil minimal 18 sks per semesternya. Sedangkan untuk paruh waktu, mahasiswa hanya minimal 9 sks per semester. 

        Biasanya paruh waktu direkomendasikan bagi mahasiswa yang mengambil jalur karyawan. Tapi saya sendiri lebih memilih penuh waktu, meskipun jalur karyawan. Karena, secara waktu sampai saat ini alhamdulillah tidak membebani. Selain itu, jika saya mengambil kuliah paruh waktu nantinya akan berdampak pada lama studi juga. Jadi saran saya, tetap penuh waktu meskipun anda karyawan.

        Buat anda yang merasa gaptek tidak perlu takut, bagian akademis dan para dosen cukup kooperatif kok. Bahkan sekitar satu bulan sebelum kelas dimulai, kita juga diarahkan untuk mengikuti kursus online terkait metode belajar di Universitas Online Sibermu nantinya.

        Dengan segala kekurangan yang menjadi ganjalan saya utamanya soal akreditasi, faktanya tidak menyurutkan niat saya dan sekitar 1500 orang lainnya untuk mendaftar di sini. (Angka itu saya dapat waktu kuliah perdana lho

        Selain itu, kekhawatiran mengenai akreditasi tadi juga, terobati dengan Muhammadiyah sebagai organisasi besar yang menaunginya, barang tentu tidak akan mau menolerir tindakan-tindakan yang akan mencoreng reputasinya sendiri.

        Ada lagi hal unik yang saya temui di saat kuliah perdana dan pertemuan zoom meet. Ternyata ada teman seangkatan saya yang merupakan rektor di kampus lain. Ada juga beberapa mahasiswa yang mengambil double degree, bahkan triple degree di universitas lain.

Kelebihan Berkuliah di Universitas Online Sibermu

        Untuk kamu yang sangat peduli efektifitas, kuliah dengan metode 100% online ini sudah barang pasti menjadi sebuah kelebihan. Tapi selain itu, sertifikasi-sertifikasi berstandar internasional bisa kita dapatka dengan cuma-cuma lho di sini.

        Saya sendiri kurang paham, apakah berlaku untuk semua jurusan atau tidak. Yang pasti, pengalaman saya di Sistem Informasi Sibermu ini, sudah mendapatkan pelatihan gratis dari Red Hat Academy dan yan terbaru dari AWS

        Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk anda yang masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di usia yan terbilang tidak muda lagi. Jika ada pertanyaan terkait pengalaman kuliah di sini atau hal lain, bisa didiskusikan di kolom komentar ya.

Jakarta, 25 November 2023
Raffli

LihatTutupKomentar